Open Trip Belitung

Open Trip Belitung
Foto: Trip Gabungan Belitung

Open Trip Belitung merupakan paket wisata murah backpacker menuju Belitung yang wisatanya digabung dengan peserta lain. Mengapa di gabung? Ini beralasan untuk meminimalisir budget untuk memenuhi semua fasilitas di open trip Belitung. Paket ini sangat cocok sekali bagi Anda yang berjiwa traveling backpacker dan mempunyai kuota peserta kurang dari sepuluh orang untuk mengikuti open trip Belitung.

Jadwal Open Trip Belitung 2017

01 - 03 Desember 2017
Dari Tanjung Pandan
08 - 10 Desember 2017
Dari Tanjung Pandan
16 - 18 Desember 2017
Dari Tanjung Pandan
17 - 19 Desember 2017
Dari Tanjung Pandan
23 - 25 Desember 2017
Dari Tanjung Pandan
12 - 14 Januari 2018
Dari Tanjung Pandan
19 - 21 Januari 2018
Dari Tanjung Pandan
27 - 29 Januari 2018
Dari Tanjung Pandan
02 - 04 Februari 2018
Dari Tanjung Pandan
11 - 13 Februari 2018
Dari Tanjung Pandan
17 - 19 Februari 2018
Dari Tanjung Pandan
23 - 25 Februari 2018
Dari Tanjung Pandan
03 - 05 Maret 2018
Dari Tanjung Pandan
10 - 12 Maret 2018
Dari Tanjung Pandan
23 - 25 Maret 2018
Dari Tanjung Pandan
29 - 31 Maret 2018
Dari Tanjung Pandan
07 - 09 April 2018
Dari Tanjung Pandan
20 - 22 April 2018
Dari Tanjung Pandan
28 - 30 April 2018
Dari Tanjung Pandan
05 - 07 Mei 2018
Dari Tanjung Pandan
11 - 13 Mei 2018
Dari Tanjung Pandan

OPEN TRIP BELITUNG merupakan paket wisata paling hemat ke Belitung. Namun walaupun hemat, Open Trip Belitung ini memiliki pelayanan yang sangat bersahabat. Dan durasi pada paket Open Trip Belitung ini adalah 3 hari 2 malam. Akan ada banyak sekali objek wisata atau destinasi wisata yang akan di kunjungi pada paket Open Trip Belitung ini. Untuk destinasi wisata apa saja yang akan dikunjungi pada Open Trip Belitung ini, silahkan simak keterangan di bawah ini.

DESTINASI OPEN TRIP BELITUNG

Vihara Dewi Kwan Im - Belitung

Vihara Dewi Kwan Im ini adalah vihara paling tua dan terbesar yang berada di Pulau Belitung. Dan Vihara Dewi Kwan Im ini pertama kali ditemukan pada tahun 1747 dan memiliki usia hampir 3 abad. Menurut cerita yang beredar, Dewi Kwan Im dahulu pernah bersembahyang diatas sebuah batu yang berada di Kon Im.

Pantai Burung Mandi - Belitung 

Pantai Burung Mandi Belitung Timur berada di 800 meter dari Vihara Dewi Kwan Im. Pemandangan dari Pantai Burung Mandi Belitung Timur adalah Laut Jawa dan tak ada pulau yang menghalanginya. Tempat ini telah di kenal pada saat jaman kolonial Belanda pertama kali mendirikan sebuah pusat pertambangan timah di Desa Damar. Desa Damar merupakan sebuah desa yang paling dekat dengan Pantai Burung Mandi ini.

Kota Manggar "Kota 1001 Warung Kopi" - Belitung

Kota Manggar Belitung Timur adalah kota teramai dan kota terbesar kedua di Pulau Belitung. Terdapat monumen berbentuk sebuah teko dan kopi yang menjadi ciri khas dari Kota Manggar Belitung Timur ini. Memiliki julukan “kota 1001 warung kopi”, karena terdapat banyak sekali warung kopi yang bertebaran. Kota Manggar juga merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Belitung Timur Propinsi kepulauan Bangka Belitung.

Pantai Serdang - Belitung

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang indah dan berada di Kota 1001 Warung Kopi, yaitu Kota Manggar. Pemandangan dari Pantai Serdang langsung menghadap Laut Cina Selatan dan memiliki ombak yang cukup besar. Panjang dari Pantai ini adalah kurang lebih sekitar 500 meter dan memiliki kontur yang sangat landai. Dan Pantai Serdang memiliki pasir pantai yang halus dan putih.

Museum Kata Andrea Hirata - Belitung

Lokasinya berada di Jl. Raya Laskar Pelangi No. 07 Desa Gantong atau Gantung, Belitung Timur. Ketika awal kita berpijak dihalaman depan Museum Kata Andrea Hirata, suasana yang ada di novel Laskar Pelangi ini sangat terasa. Banyak sekali terdapat foto-foto dihalaman depan Museum Kata Andrea Hirata  yang menceritakan karya sastra, dan ini satu kebanggaan orang Belitung.

SD Laskar Pelangi - Belitung

Pertama kali kita memijakan kaki dihalaman SD Laskar Pelangi, kita dapat melihat bangunan sekolah yang telah usang. Atapnya terbuat dari seng dan dindingnya terbuat dari kayu menjadi sebuah bangunan yang terletak ditengah tanah lapangan beralaskan pasir putih.

Pantai Tanjung Pendam - Belitung

Pantai ini terletak paling dekat dari Kota Tanjung Pandan, dan Pantai Tanjung Pendam ini dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung. Tak heran jika pantai ini adalah pantai yang paling terkenal dipusat Kota Belitung. Selain itu, Pantai Tanjung Pendam ini menjadi tujuan wisata bagi masyarakat Belitung yang ingin sekedar bersantai menikmati suasana pantai.

Pantai Tanjung Kelayang - Belitung

Nama Kelayang berasal dari sebuah nama jenis burung yang ada di Belitung. Pantai Tanjung Kelayang ini berada di Kecamatan Sijuk atau sekitar 27 km dari Kota Tanjung Pandan. Dan Pantai Tanjung Kelayang merupakan pantai terbaik di Bangka Belitung.

Pulau Pasir - Belitung

Tempat ini hanyalah sebuah pulau gosong yang hanya terdapat gundukan pasir saja. Pulau ini tidak luas dan ukurannya kurang lebih setengah dari ukuran lapangan bola. Uniknya dari Pulau Pasir ini adalah hanya akan timbul jika saat air laut surut saja.

Pulau Batu Berlayar - Belitung

Pulau Batu Berlayar merupakan salah satu dari pulau yang berada disekitaran Pantai Tanjung Kelayang Belitung. Jika kita perhatikan sekilas dari kejauhan, Pulau Batu Berlayar ini seperti sebuah gundukan pasir yang dipenuhi batu granit.

Pulau Lengkuas - Belitung

Tempat ini merupakaan primadona pariwisata yang berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau Lengkuas juga merupakan salah satu dari berbagai ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. Daya tarik dari Pulau Lengkuas ini adalah terdapat sebuah mercusuar yang dibangun oleh kolonial Belanda pada tahun 1882.

Sanggar Batik Simpor - Belitung

Simpor merupakan nama dari sebuah pohon yang tumbuh di Belitung, dan konon pohon Simpor hanya ada di Belitung. Lalu daun pohon simpor inilah yang dijadikan motif batik khas Belitung dan dijadikan sebuah nama sanggar batik di Belitung. Dan Sanggar Batik Simpor ini letaknya berada di wilayah Kampoeng Ahok.

Kampoeng Ahok - Belitung

Kampoeng Ahok berada di Desa Gantong, Kecamatan Gantong – Belitung Timur. Di area kampoeng Ahok terdapat rumah politikus terkenal yaitu Basuki Tjahya Purnama atau Ahok. Rumah tersebut merupakan tempak Ahok menghabiskan masa kecilnya bersama keluarga sebelum beliau merantau ke Jakarta.

Pulau Burung - Belitung

Pulau Burong atau Pulau Burung berada di pantai bagian utara dari Kota Belitung atau dilepas pantai Desa Nelayan Tanjung Binga. Luas dari Pulau Burung ini kurang lebih adalah 2 hektar dan terdapat hamparan pasir putih dan bebatuan granit. Tempat ini cocok untuk menikmati ketenangan, karena suasananya yang jauh dari kebisingan.

Pantai Tanjung Tinggi - Belitung

Pantai Tanjung Tinggi merupakan sebuah pantai yang himpit oleh dua semenanjung, yaitu Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam. Nama Tanjung Tinggi ini berasal dari kata tanjung atau semenanjung dan tinggi berasal dari bebatuan yang tinggi. Letaknya berada sekitar 31 kilometer dari Kota Tanjung Pandan atau tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang.

Pulau Kepayang - Belitung

Pulau Kepayang atau Pulau Babi merupakan pulau terbesar dari belasan pulau – pulau yang ada di Utara Belitung. Destinasi wisata yang satu ini memiliki luas kurang lebih 14 hektar dan memiliki sisi pantai yang cukup menarik. Jika ingin melihat lebih jelas Pulau Kepayang ini, bisa dari sisi barat Pantai Tanjung Kelayang.

Rumah Adat - Belitung

Rumah Adat Belitung berada di Kota Tanjung Pandan, tepatnya berada di Jalan Ahmad Yani dan bersampingan dengan Kantor Bupati Belitung. Jika kita masuk ke halaman rumah, kita bisa melihat sebuah banguna yang cukup besar. Rumah Ada Belitung ini terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian ruang utama, loss, dan dapur.

Danau Kaolin - Belitung

Tempat ini adalah sebuah danau yang memiliki warna daratannya yang putih dan bersih serta airnya yang berwarna biru menyala. Danau Kaolin bukan danau yang berasal dari sebuah kawah gunung, dan danau ini terbentuk dari bekas  tempat pertambangan batu kaolin.

BIAYA OPEN TRIP BELITUNG DEWASA

  • Dari Bandara Tanjung Pandan : Rp 795.000/orang (non high season).

BIAYA OPEN TRIP BELITUNG KHUSUS BALITA

  • 0 - 3 tahun = Gratis (tidur sekamar dengan orangtua tanpa menggunakan extrabed).
  • 3 - 5 tahun = 75% dari harga dewasa (tidur sekamar dengan orangtua menggunakan extrabed).
  • 5 - seterusnya = Full 100% (mendapatkan semua fasilitas).

SUDAH TERMASUK

  • Alat snorkling (google dan masker).
  • Pelampung.
  • Air Mineral.
  • Makan 5 kali (selama Trip Belitung).
    • 2x Makan pagi di Hotel.
    • 2x Makan siang saat tour berlangsung.
    • 1x Makan pagi Mie Atep Khas dari Belitung.
  • Hotel non bintang dengan kamar standart (1 kamar isi 2 - 3 orang)
  • Transportasi AC selama tour dan antar jemput bandara (BBM + Parkir + Driver).
  • Tour Guide.
  • Retribusi kunjungan ke semua destinasi wisata.
  • Perahu untuk jelajah pulau dan snorkeling.

BELUM TERMASUK

  • Makan malam 2 kali (pribadi).
  • Transportasi menuju Tanjung Pandan PP.
  • Biaya Pribadi.
  • Obat - obatan pribadi.
  • Tips guide (sukarela).

CATATAN

  • Pada Open Trip Belitung, kami berhak menggabungkan peserta 1 kamar bertiga (extra bed).
  • Peserta yang daftar sendiri (1 orang) akan dapat di extra bed, kecuali room pasangan suami istri.
  • Jika kondisi mengharuskan peserta 1 room sendiri, maka peserta akan dikenakan biaya tambahan.
  • Pendaftaran Open Trip Belitung terbuka untuk umum.
  • Pendaftaran Open Trip Belitung minimal 1 orang.
  • Untuk melihat destinasi dan jadwal open trip lainnya, kunjungi menu OPEN TRIP (GABUNGAN).

REKOMENDASI JAM PESAWAT

  • TIBA : Penerbangan pesawat pada hari ke 1 tiba di Bandara Tanjung Pandan yaitu jam hingga 07.30. Dan paling lambat 09.30 (CITILINK : 05.55, SRIWIJAYA : 06.20, GARUDA : 06.50).
  • PULANG : Penerbangan pesawat pada hari ke 3 berangkat dari Bandara Tanjung Pandan yaitu jam 12.30 dan seterusnya (SRIWIJAYA : 13.05).

ITINERARY OPEN TRIP BELITUNG 3 HARI 2 MALAM

Hari Ke 1

  • Penjemputan di Bandara H.A.S Hanandjoeddin Tanjung Pandan, Pagi Hari.
  • Lalu ke penginapan untuk menyimpan dan menitipkan barang bawaan peserta.
  • Kemudian makan Mie Atep khas dari Belitung (include).
  • Acara di mulai dengan kegiatan City Tour.
  • 10.30 : Ke Vihara Dewi Kwan Im.
  • 11.30 : Ke Pantai Burung Mandi.
  • 12.00 : Ke Kota Manggar yang terkenal dengan "Kota 1001 Warung Kopi".
  • 12.30 : Makan siang (include).
  • 13.30 : Ke Pantai Serdang.
  • 14.30 : Ke Sanggar Batik Simpor, Kampoeng Ahok.
  • 15.00 : Ke Museum Kata Andrea Hirata.
  • 16.00 : Ke Replika SD Muhammadiyah, SD Laskar Pelangi.
  • 17.00 : Kembali ke Tanjung Pandan.
  • 18.30 : Makan Malam (pribadi).
  • 20.15 : Belanja Oleh-oleh khas Belitung.
  • 21.00 : Kembali ke Penginapaan.
  • 21.30 : Acara Bebas dan Istirahat.

Hari Ke 2

  • 06.30 : Makan pagi di penginapan (include).
  • 07.30 : Ke Pantai Tanjung Kelayang lokasi penyeberangan kapal jelajah.
  • 08.00 : Snorkling Time. Kami akan mengajak anda untuk Jelajah Pulau dan snorkeling.
    • Ke Pulau Pasir, Jika air surut, Pasir akan timbul dan terdapat banyak bintang laut.
    • Ke Pulau Batu Berlayar.
    • Ke Pulau Lengkuas.
  • 12.30 : Istirahat dan makan siang (include).
    • Ke Pulau Burung.
    • Ke Pulau Kelayang.
  • 17.00 : Hunting sunset di Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Laskar Pelangi.
  • 17.15 : Sesi pemotretan di Pantai Tanjung Tinggi dengan view pemandangan pasir putih yang dikelilingi bebatuan Granit.
  • 19.00 : Makan Malam (pribadi).
  • 20.00 : Kembali ke Penginapaan.
  • 20.30 : Acara Bebas dan Istirahat.

Hari Ke 3

  • 06.30 : Makan pagi di penginapan (include).
  • 07.30 : Check-out Penginapan.
  • 08.00 : Ke Pantai Tanjung Pendam.
  • 09.00 : Ke Rumah Adat Belitung.
  • 10.00 : Ke Danau Kaolin.
  • 10.15 : Sesi pemotretan di Danau Kaolin, Danau dengan daratan berwarna putih dan air biru yang menyala.
  • 11.00 : Kembali ke Lokasi penjemputan di Bandara Tanjung Pandan.