Open Trip Labengki Sombori

Open Trip Labengki Sombori
Foto: Trip Gabungan Labengki Sombori

Open Trip Labengki Sombori merupakan paket wisata murah backpacker menuju Labengki Sombori yang wisatanya digabung dengan peserta lain. Mengapa di gabung? Ini beralasan untuk meminimalisir budget untuk memenuhi semua fasilitas di open trip Labengki Sombori. Paket ini sangat cocok sekali bagi Anda yang berjiwa traveling backpacker dan mempunyai kuota peserta kurang dari sepuluh orang untuk mengikuti open trip Labengki Sombori.

Jadwal Open Trip Labengki Sombori 2018

Pulau Labengki atau di Indonesia menyebutnya Pulau Labengki adalah surga baru tujuan wisata alam di Propinsi Sulawesi Tenggara. Pulau Labengki terletak di Konawe Utara, di Teluk Lasolo, Kecamatan Lasolo, Sulawesi Tenggara, Indonesia.

Pulau Labengki dipopulerkan oleh Tolitoli - Labengki Relawan Tim Konservasi Raksasa Clam dimana pulau ini menjadi salah satu kawasan konservasi untuk Giant Clam yang dilakukan sejak tahun 2012. Pulau Lebengki terdiri dari beberapa pulau besar dan pulau-pulau kecil, 5 pulau besar bernama Labengki Besar, Labengki Kecil, Pulau Namira, Tukoh Kulay dan Pulau Mauang, sedangkan pulau-pulau kecil terdiri dari 20 pulau yang tidak memiliki nama. Pulau yang memiliki populasi adalah Labengki Kecil.

Suku utama yang menghuni di pulau ini adalah Suku Bajo sebagai suku asli dan sebagiannya adalah Suku Tolaki. Ada sekitar 100 kepala rumah tangga di pulau ini dengan populasi sekitar 400 orang, mata pencaharian utama masyarakat Labengki adalah seorang nelayan. Luas total Pulau Labengki adalah sekitar 15.000 hektar di mana di daerah ini juga sebagai habitat utama Giant Clam atau di Indonesia menyebutnya "Kima", sejenis kerang raksasa yang langka dan dilindungi.

Kata Labengki mengambil dari bahasa "Tolaki" (suku lokal) "Laabenggi", yang berarti "lebih tua" atau serupa. Sejak dulu masyarakat setempat biasanya menggunakan kuras sebagai wadah untuk menyimpan air, dan Pulau Labengki jika terlihat dari tempat-tempat jauh, maka akan terlihat seperti ewer, so thats mengapa orang menamakannya "Laabenggi" dalam bahasa Indonesia menjadi Labengki.

Pulau Labengki menawarkan panorama eksotis yang nyata, tenang dan alami. Pulau Labengki dikelilingi oleh bukit berbatu hijau dan memiliki keanekaragaman hayati bawah laut yang sangat indah. Di salah satu sudut pegunungan batu ada beberapa jenis anggrek yang tumbuh secara alami sehingga dapat dikatakan kawasan Pulau Labengki adalah sangat ideal dan cocok menjadi tujuan wisata bahari di Indonesia khususnya di Sulawesi Tenggara.

Puluhan pantai pasir putih yang tersebar di setiap sudut pulau dikombinasikan dengan air kristal jernih dan hamparan karang yang berwarna-warni dan berbagai pulau kecil yang mengelilingi daerah pulau. Ini membuat Labengki menjadi surga bagi diving lovers, snorkeling, nelayan, climbers dan pecinta anggrek.

Pulau Labengki memiliki banyak lokasi menyelam dengan berbagai jenis, mulai dari kemiringan hingga drop off, visibilitas tempat menyelam dapat mencapai 30 - 35m, dengan formasi karang yang menakjubkan dan warna yang kaya. Selain formasi karang yang luar biasa, topografi unik gundukan karang dengan berbagai jenis karang yang dapat membuat para penyelam merasakan sensasi yang luar biasa. Beberapa area tempat menyelam memiliki arus yang kuat di mana menawarkan sensasi drift diving dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Selain memiliki banyak tempat menyelam yang menakjubkan, kawasan pulau Labengki juga merupakan rumah dari spesies kima raksasa asli yang bernama Kimaboe, salah satu spesies kerang raksasa terbesar di dunia yang ditemukan oleh Tim Tolitoli - Konservasi Raksasa Kerang Labengki, saat ini kita dapat memastikan bahwa di kawasan konservasi ini dapat ditemukan 8 jenis kerang raksasa di mana itu bisa menjadi tempat untuk penelitian kerang raksasa.

Pulau Labengki adalah surga bagi pecinta laut, di mana Anda dapat menjelajahi keindahan bawah lautnya, belajar tentang kerang raksasa, dan juga menjelajahi hutan Labengki dengan danau. Anda juga dapat berinteraksi dengan Suku Bajo dan melihat kehidupan sehari-hari mereka, yang dikenal sebagai nelayan tangguh di dunia. Pulau Labengki adalah tempat yang cukup di mana Anda dapat menikmati sentuhan alam, dengan banyak pemandangan pulau-pulau berbatu dan juga disebut sebagai Dunia Baru untuk Menyelam, Meneliti, dan Bepergian.

Singkatnya, jika Anda mencari tempat-tempat alami untuk liburan di pulau kosong yang indah yang terasa seperti pulau sendiri dengan tempat-tempat yang damai dan pemandangan bawah laut yang menakjubkan, dari Pulau Labengki adalah pilihan yang tepat.