Open Trip Sailing Komodo

Open Trip Sailing Komodo
Foto: Trip Gabungan Sailing Komodo

Open Trip Sailing Komodo merupakan paket wisata murah backpacker menuju Sailing Komodo yang wisatanya digabung dengan peserta lain. Mengapa di gabung? Ini beralasan untuk meminimalisir budget untuk memenuhi semua fasilitas di open trip Sailing Komodo. Paket ini sangat cocok sekali bagi Anda yang berjiwa traveling backpacker dan mempunyai kuota peserta kurang dari sepuluh orang untuk mengikuti open trip Sailing Komodo.

Jadwal Open Trip Sailing Komodo 2017

01 - 03 Desember 2017
Dari Labuan Bajo
08 - 10 Desember 2017
Dari Labuan Bajo
15 - 17 Desember 2017
Dari Labuan Bajo
22 - 24 Desember 2017
Dari Labuan Bajo
29 - 31 Desember 2017
Dari Labuan Bajo

Open Trip Sailing Komodo – trip gabungan untuk menikmati panorama Taman Nasional Komodo. Selama Open Trip Sailing Komodo peserta akan merasakan tinggal diatas laut tepatnya di kapal dengan fasilitas cukup lengkap dan nyaman. Fasilitas tersebut seperti Kabin dengan kasur, bantal, selimut dengan ruangan yang cukup sejuk (AC) serta toilet yang di jaga kebersihannya. Segera daftar dan bergabung di Open Trip Sailing Komodo sebelum kehabisan kuota.

DESTINASI OPEN TRIP SAILING KOMODO

Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan sebuah pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo dan dikelola oleh pemerintah pusat secara serius. Pulau yang terkenal dengan habitat asli dari hewan komodo ini berada di Kepulauan Nusa Tenggara atau berada di sebelah timur Pulau Sumbawa. Selain Pulau Komodo, Pulau Padar, Gili Motang dan Pulau Rinca ini diterima oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Luas dari Pulau Komodo ini adalah kurang lebih sekitar 390 kilometer persegi, dan memiliki penduduk sekitar 2.000 jiwa. Di pulau ini, hewan komodo berkembang biak serta hidup secara baik dan sehat. Menurut catatan pada bulan Agustus 2009 terdapat kurang lebih 1.300 ekor komodo yang terdapat di Pulau Komodo - Kepulauan Nusa Tenggara ini. 

Pulau Padar

Merupakan sebuah pulau tak berpenghuni yang masih berada di kawasan Taman Nasional Komodo – Kepulauan Nusa Tenggara. Keunikan dari Pulau Padar ini adalah kontur tanahnya yang berbukit serta bercabang layaknya seperti bintang. Pulau Padar ini lokasinya cukup jauh dari Pelabuhan Labuan Bajo, dan di butuhkan waktu kurang lebih sekita 3,5 jam. Pantainya yang landai dan dangkal, membuat perahu-perahu tidak bisa terlalu rapat berlabuh. Dibutuhkan sekoci (perahu kecil) agar kita bisa sampai di daratan Pulau Padar ini. Memang butuh cukup perjuangan untuk mencapai puncak Pulau Padar ini, namun perjuangan ini akan terasa terbayar jika kita sudah sampai di puncak Pulau Padar. 

Gili Lawa Laut dan Gili Lawa Darat

Ini adalah sebuah kawasan pintu masuk ke Taman Nasional Komodo - Kepulauan Nusa Tenggara. Gili Lawa itu sendiri terbagi dari dua bagian, yaitu Gili Lawa Darat dan Gili Lawa Laut. Dan kawasan Gili Lawa Laut menjadi kapal-kapal yang berlayar ke Taman Nasional Komodo bermalam, karena di kawasan Gili Lawa Laut ini terlindung dari angin laut serta ombak atau arus laut lebih tenang hingga nyaman untuk beristirahat. Sedangkan Gili Lawa Darat sebagai tempat untuk kita trekking yang asik dan juga memerlukan tenaga yang cukup. Untuk mendapatkan hasil foto terbaik di Gili Lawa Darat ini kita harus sampai ke Bukit Gili Lawa Darat, karena di Bukit Gili Lawa Darat memiliki pemandangan yang spektakuler.

Pulau Sembilan (Jelly Fish Point)

Pulau yang masih berada di kawasan Taman Nasional Komodo ini memang bentuknya seperti namanya, yaitu sembilan jika dilihat dari atas. Keunikan dari Pulau Sembilan ini adalah tidak berpenghuni dan tidak terlalu luas, hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit saja kita sudah bisa mengitari seluruh daratan Pulau Sembilan ini. Pulau ini memang terbentuk dari karang-karang yang sudah mati seperti pulau gosong atau gusung yang berada di sebagian Indonesia. Keunikan lainnya adalah di tengah lingkaran Pulau Sembilan ini terdapat hewan ubur-ubur stingless fish yang tidak berbahaya karena tidak menyengat. Kedalaman dari lingkaran Pulau Sembilan ini adalah sekitar 2 meter, dan kita bisa berenang bersama ubur-ubur stingless fish ini.

Pulau Kalong

Pulau ini berada sekitar 8 kilometer dari Pelabuhan Bajo, dan dapat di tempuh selama 1 jam melalui jalur laut. Pulau Kalong ini masih berada di kawasan Taman Nasional Komodo yang sangat terkenal. Sebenarnya Pulau Kalong ini adalah kawasan hutan bakau yang berada di daerah Taman Nasional Komodo. Pulau Kalong ini dijadikan tempat bersarangnya para jutaan kelelawar dari berbagai ukuran, dan ini menjadi ke unikan tersendiri bagi Pulau Kalong itu sendiri. Untuk menyaksikan jutaan kalong mulai berterbangan, Anda akan kami bawa ke tepi Pulau Kalong ini pada sore hari sambil menikmati sunset. Kalong yang hidup di Pulau Kalong ini adalah pemakan buah-buahan atau hewan herbivora. 

Pink Beach

Destinasi Open Trip Sailing Komodo yang satu ini adalah sebuah pantai yang memiliki keunikan sesuai namanya. Pink Beach ini memang memiliki pasir pantai berwarna merah muda atau pink yang sangat eksotik dan indah. Pantai Merah Muda atau Pink Beach ini masih berada di Kawasan Taman Nasional Komodo – Nusa Tenggara Timur. Pink Beach yang ada di Taman Nasional Komodo merupakan salah satu dari 7 pantai berpasir berwarna merah muda yang ada di dunia. Selain pasir pantainya yang unik berwarna merah muda, pesona bawah laut dari Pink Beach juga sangat indah serta memiliki kekayaan yang sangat menarik untuk kegiatan menyelam seperti snorkeling ataupun diving. Dasar laut Pink Beach merupakan tempat yang cukup nyaman bagi para ikan, terumbu karang dan biota-biota laut. 

Pulau Kelor

Kawasan Taman Nasional Komodo memang memiliki pulau-pulau yang sangat indah dan sangat menarik untuk dikunjungi, salah satu diantaranya ialah Pulau Kelor. Pulau Kelor memiliki keindahan daratan serta bawah lautnya sama seperti pulau-pulau lainnya yang berada di Taman Nasional Komodo. Keindahan koral dan terumbu karang di dasar laut Pulau Kelor ini seakan menggoda kita untuk menyelam kedalamnya. Lokasi dari Pulau Kelor ini tidak jauh dari Labuan Bajo, hanya membutuhkan perjalanan laut sekitar satu jam saja menggunakan kapal sailing komodo. Keunikan di Pulau Kelor ini adalah memiliki bukit yang dapat di daki, air lautnya yang jernih, serta pasir pantainya yang putih bersih. Jika Anda ingin mendaki bukit Pulau Kelor ini, dibutuhkan waktu kurang lebih 20 menit dengan tingkat kemiringan 45 derajat. 

Pulau Kanawa

Pulau yang memiliki luas sekitar 35 hektar ini memang tidak bisa kita abaikan begitu saja dalam Open Trip Sailing Komodo. Karen Pulau Kanawa ini memiliki keindahan pulaunya yang begitu indah serta keindahan lautnya yang sangat memukau. Air lautnya yang berwarna biru dan begitu jernih serta disempurnakannya dengan pasir pantainya yang putih bersih.  Tak hanya itu, udara yang bersih dan bebas polusi akan Anda dapatkan di Pulau Kanawa ini. Pulau Kanawa ini berada sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo atau sekitar 50 menit perjalanan laut perahu sailing komodo. Di Pulau Kanawa ini juga terdapat beberapa resort yang dapat disewakan kepada para pengunjung.

Pantai Namong

Pantai Namong merupakan sebuah pantai yang berada disebelah selatan Pulau Komodo. Pantai Namong ini memang sungguh sangat menawan, karena memiliki kontur pantainya yang begitu landai. Pantai Namong pun memiliki pasir pantai berwarna merah muda seperti Pink Beach. Pasir pantai berwarna merah muda ini berasal dari pecahan koral yang berwarna merah yang terbawa arus hingga ke pantai dan bercampur dengan pasir pantai yang berwarna putih.Keindahan lain dari Pantai Namong ini adalah memiliki latar belakang padang savana yang sungguh menawan. Anda akan dibuat seakan-akan enggan berkedip melihat keindahan Pantai Namong ini, karena memang sungguh luar biasa indahnya.  

Manta Point

Manta Point merupakan spot untuk diving atau snorkeling yang tak boleh sampai dilewatkan jika kita sedang berwisata ke Kawasan Taman Nasional Komodo. Di Manta Point ini kita dapat melakukan kegiatan snorkeling sambil bermain dengan hewan laut seperti layaknya sebuah layangan, yaitu Manta Ray. Kita akan merasakan sensai snorkeling bersama sekawanan Mantai Ray yang sedang asik bermain di Manta Point ini. Kita pun dapat dengan mudah menyentuh manta-manta tersebut yang memiliki ukuran sampai dengan 3 meter lebih. Namun tetap waspada ketika sedang bersnorkeling di Manta Point ini. Hal ini bukan karena manta tersebut akan menyerang kita, akan tetapi arus yang berada di Manta Point ini. Jika tidak waspada dan tak sadar kita akan semakin jauh dari kapal karena terbawa arus laut yang berada di Manta Point ini.

Pasir Timbul Taka Makasar

Pasir Timbul Taka Makasar adalah pulau kecil tak berpenghuni dan berukuran kecil. Keunikan dari Pasir Timbul Taka Makasar ini adalah hanya terdapat hamparan pasir saja yang akan kita lihat jika kita sudah mendekati dan tiba di daratan Pasir Timbul Taka Makasar ini. Selain itu, keunikan lainnya dari Pasir Timbul Taka Makasar ini adalah memiliki soft coral yang begitu indah dan sering terdapat penyu di area soft coral ini. Sungguh pemandangan yang luar biasa dan serasa ingin berlama-lama di Pasir Timbul Taka Makasar ini. Di Pasir Timbul Taka Makasar ini kita bisa melakukan kegiatan snorkeling bersama soft coral yang seakan-akan sedang menari di dasar laut. Jika beruntung, kita akan menemukan penyu yang sedang bermain di antara soft coral yang ada di Taka Makasar ini.

HARGA OPEN TRIP SAILING KOMODO

  • Dari Labuan Bajo : Rp 2.300.000/orang.

SUDAH TERMASUK

  • Kapal sailing 2 - 3 cabin with air conditioner + sundeck.
  • Transportasi penjemutan bandara.
  • Guide HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia).
  • Makan selama Open Trip Sailing Komodo.
  • Air Mineral, kopi, teh selama trip sepuasnya.
  • Pelampung.
  • Alat snorkeling.
  • Tour leader.
  • Ranger Taman Nasional Komodo.
  • Dokumentasi Mirrorless / SLR + Dome + Gopro.
  • Tiket masuk Taman Nasional Komodo.
  • Floaties dan laybag.

BELUM TERMASUK

  • Transportasi menuju meeting point.
  • Makan di luar Program.
  • Pengeluaran Pribadi.
  • Peralatan Mandi.
  • Oleh-oleh.
  • Tips Guide (sukarela).

ITINERARY OPEN TRIP SAILING KOMODO

Hari Ke 1 (Kanawa - Karang Sembilan - Gili Lawa)

  • 09.00 – 10.00 : Berkumpul di meeting point (peserta akan dijemput di bandara atau hotel).
  • 10.00 – 12.00 : Berangkat menuju Pulau Kanawa, makan siang.
  • 12.00 – 13.30 : Berangkat menuju Karang Sembilan.
  • 13.30 – 14.30 : Aktivitas snorkling.
  • 14.30 – 16.30 : Menuju Gili Lawa.
  • 16.30 – 18.00 : Treking ke Puncak Gili Lawa, sunset view.
  • 18.00 – 19.00 : Kembali ke kapal.
  • 19.00 – 20.00 : Makan malam.
  • 20.00 – selesai : Free program, istirahat.

Hari Ke 2 (Manta Point - Padar - Pink Beach - Namong Beach - Kalong Komodo - Desa Komodo)

  • 06.00 – 07.00 : Bangun dan sarapan pagi.
  • 07.00 – 08.00 : Aktivitas di Manta Point.
  • 08.00 – 10.00 : Menuju Pulau Padar.
  • 10.00 – 12.00 : Treking ke Puncak Pulau Padar.
  • 12.00 – 13.00 : Kembali ke kapal, makan siang.
  • 13.00 – 14.00 : Menuju Pink Beach.
  • 14.00 – 15.00 : Aktifitas snorkeling di Pink Beach.
  • 15.00 – 17.00 : Menuju Pantai Namong dan snorkeling.
  • 17.00 – 18.00 : Menuju Pulau Kalong, sunset view.
  • 18.00 – 18.30 : Singgah di Desa Komodo.
  • 18.30 – 19.30 : Istirahat, bersih – bersih, makan malam.
  • 19.00 – selesai : Hunting foto Milky way kemudian istirahat acara bebas.

Hari Ke 3 (Pulau Komodo - Taka Makasar - Kelor - Labuan Bajo)

  • 07.00 – 08.00 : Bangun dan kemudian sarapan.
  • 08.00 – 09.00 : Menuju Pulau Komodo (Loh Liang).
  • 09.00 – 11.30 : Treking di Pulau Komodo.
  • 11.30 – 13.30 : Kembali ke kapal, menuju Taka Makasar dan makan siang.
  • 13.30 – 15.30 : Snorkeling Pulau Gusung Taka Makasar.
  • 15.30 – 16.00 : Kembali ke kapal.
  • 16.00 – 17.30 : Menuju Pulau Kelor.
  • 17.30 – 18.00 : Aktifitas di Pulau Kelor, sunset view.
  • 18.00 – 19.00 : Kembali menuju Labuan Bajo.
  • 19.00 – Selesai : Sampai di Labuan Bajo. Dan trip selesai.